Database & SQL Server

Databse pada dasarnya merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik, sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut.

Berdasarkan sejarah, catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada semenjak masa revolusi industri. Perwujudannya berupa bentuk buku besak (akuntansi), kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Mari kita lihat ilustrasi berikut :
Seorang guru di SMA mengajar mata pelajaran Biologi untuk 8 kelas IPA yang masing-masing kelasnya berjumlah sekitar 30 anak.

Ketika masa ujian akhir tiba, ia pun harus mendata nilai-nilai tugas maupun ujian anak-anak sekolah tersebut.

Ia pun menggunakan sebuah aplikasi bernama Microsoft Excel untuk mengatur data-data tersebut untuk mengetahui nilai rata-rata kelas serta untuk mengetahui apakah semua siswa yang bersangkutan mendapat nilai minimum untuk naik kelas atau tidak.

Nah, mari kita telaah satu persatu kasus tersebut agar pemahaman kita terhadap database dapat menjadi lebih komprehensif :
Nilai seorang siswa bernama Andi adalah: 7, 6, 9, 8, 8, 9. Data- data tersebut tentu sulit dipahami jika tidak ada informasi berupa header yang menerangkan nilai apakah
tersebut.


Untuk itu, sang guru pun menambahkan keterangan mengenai no.absen siswa, nama siswa, dan nilai apa sajakah yang diperoleh oleh Andi dalam mata pelajaran
Biologi tersebut.


Setelah selesai, sang guru pun menambahkan statistik nilai terendah, tertinggi, serta nilai rata-rata dalam sebuah kelas. Keseluruhan proses ini pun menyulap datadata yang dimiliki oleh sang guru menjadi sebuah informasi yang berguna.


Simpulan dari Ilustrasi : 
- Jika proses ini dilanjutkan ke jenjang yang lebih besar, maka akan diperoleh pula nilai siswa dalam satu kota, daerah, bahkan sebuah negara.
- Ketika konteks tersebut mengalami perubahan skala menjadi lebih besar, maka aplikasi MS Excel pun akan mengalami berbagai keterbatasan-keterbatasan.
- Disinilah perlunya sebuah aplikasi pengelolaan data yang lebih baik, yang mampu menangani data yang begitu banyak dan berskala besar.
- Jika Anda pernah mendengar berbagai nama aplikasi pengelolaan data seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, DB2, Microsoft SQL Server dan lainnya yang biasanya disebut dengan DBMS.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »