5 Kelebihan Membuat Aplikasi Lewat Android


Alasan Membangun Aplikasi Android
Terdapat beberapa alasan mengapa Android berkembang dengan pesat dan kenapa developer sebaiknya membangun Aplikasi Android.

a. Market Share
Developer memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi untuk pasar yang relatifbaru dan sedang berkembang pesat. Keberadaan Android Market akan menempatkan aplikasi yang dibuat oleh developerlangsung kepada pengguna.Pengguna tidak perlu mencari melalui internet untuk menemukan dan meng-install aplikasi yang dibuat oleh developer. Pengguna cukup membukaAndroid Marketyang sudah ter-install di perangkat android pengguna dan mengakses aplikasi yang pengguna butuhkan dan menginstall kedalam perangkat android pengguna.

b. Time to Market
Terdapat Android APIs (Aplication Prograamming Iterface) yang memudahkan developer untuk membangun aplikasi dengan mudah dan waktu yang singkat.

c. Open Platform
Sistem operasi Android merupakan platform terbuka.Sehingga tidak merujuk pada suatuperusahaan hardware atau suatu provider. Platform terbuka android memungkinkanperkembangan market dengan sangat cepat, karena semua perusahaan hardware danproviderdapat membuat dan menjual perangkat android.Source code android dapat diakses melalui at http://source.android.com, untuk digunakan dan dimodifikasi sesuaikebutuhan perusahaan hardware, provider atau developer aplikasi.

d. Cross Compatibility
Android dapat berjalan di berbagai perangkat dengan ukuran dan resolusi layar yang berdeda. Android memiliki fitur yang membantu developeruntuk mengembangkan aplikasi yang compatibleuntuk berbagai perangkat (cross-compatibleapplication). Google memiliki feature detectionyang mengatur agar aplikasi yang dikembangkan oleh developer hanya berjalan di perangkat yang compatible. Sebagai contoh, jika suatu aplikasi membutuhkan kamera depan (front-facing camera) maka hanya perangkat android dengan kamera depan yang akan dapat melihat aplikasi tersebut di Android Market.

Suatu perangkat android harus mengikuti suatu aturan untuk mendapatkan sertifikatkesesuaian terhadap Android Market untuk memastikan aplikasi dapat berjalan diatasnya,diantaranya keberadaan: 
   - Kamera
   - Kompas
   - GPS (Global Positioning System)
   - Bluetooth Transceiver

e. Mashup Capability
Mashup Capability merupakan kemampuan untuk mengkombinasikan dua atau lebih laaynan untuk mengembangkan suatu aplikasi.Sebagai contoh, developerdapat membuatmashupdengan menggunakan kamera dan GPS, sehingga terbangun aplikasi pengambilan photo dengan dilengkapi secara tepat lokasi pengambilannya.

Beberapa contoh lainmashupyang mungkin dikembangkan dalam suatu aplikasi, yaitu:
1. Geolocation dan Social Networking 
Suatu aplikasi yang secara otomatis melakukan tweetposisi pengguna setiap 10 menit.
2. Geolocation dan Gaming
Location-based gaming merupakan model game yang saat ini popular. Game memiliki
background servicesuntuk mengecek posisi pengguna dan membandingnya dengan
posisi pengguna yang lain di area yang sama. Jika jarak antara pengguna kurang dari
1 km misal, maka akan diberikan notifikasi dan memungkinkan mereka untuk bertarung
melalui game tersebut.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »