Program Utility

1. Pengertian Program Ultility
Program utility merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, manajemen hardisk, antivirus, partisi hardisk, menigkatkan kinerja komputer, dll.

2. Macam-Macam Program Ultility
Program utility dibagi menjadi 2 yaitu:
1)    Internal Utulity
Internal Utility adalah utility yang sudah ada pada Windows atau Linux kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall OS. 
Contoh : Disk Defragmenter, Disk Clean UP, BackUp, System Restore, Compressor, Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain.
2)    External Utulity
Eksternal Utility adalah utility yang bukan bawaan Windows, harus menginstall terlebih dahulu. 
Contoh :
o     Antivirus adalah program untuk menscan, menghapus, dan berjaga-jaga dari serangan virus. Seperti: Avas, McAfee, Norton, AntiVir, Panda, AVG, Kaspersky dan lain-lain.
o     Burning (Pembakar CD) digunakan untuk membakar (burn) CD, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data. Contoh  : Ahead Nero 6
o     Cleaning System Digunakan untuk membersihkan file-file, registri, Internet files yang rusak. Contoh : TuneUp, RegCleaner, JvPowerTools, Norton System Works. 
o     Multimedia adalah software yang mampu mengolah gambar dan suara. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, Windows
media Player, ACDSee, QuickTime, dan lain-lain 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »