Pengertian Jaringan

A. Pengenalan Jaringan
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan pengolahan data dan informasi, dalam sebuah organisasi dibutuhkan lebih dari sebuah komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk saling bertukar data dan informasi, maka komputer yang digunakan akan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Kumpulan komputer yang saling terhubung disebut sebagai jaringan komputer. Keuntungan adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut:

~ Membagi sumber daya. Misalnya anda menggunakan sebuah komputer dan menginginkan mengakses data komputer lain seolah-olah data tersebut berada dalam komputer yang anda gunakan.
~ Reabilitas tinggi. Misalnya data yang digunakan dapat disimpan atau dicopy ke beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan. Sehingga bila salah satu komputer rusak, maka salinan di komputer yang lain masih dapat kamu gunakan.
~ Hardware sharing. dengan jaringan sebuah printer dapat digunakan bersama-sama dengan pengguna lain. beitu pula dengan perangkat keras lainnya.
~ Keamanan data terjamin. Dengan jaringan memungkinkan seorang administator untuk dapat mengontrol data-data penting agar dapat diakses oleh pengguna yang berhak saja. Sehingga keamanan data akan lebih terjamain.
~ Menghemat biaya. Dengan menggunakan jaringan penghematan perangkat perangkat dapat dilakukan, karena sebuah perangkat dapat digunakan secara bersama-sama.

B. Jenis Jaringan
~ Lokal Area Network (LAN)
Merupakan jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam suatu lokasi dengan area yang terbatas seperti rungan atau gedung.
~ Wide Area Network (WAN)
Merupakan jaringan antara LAN satu dengan LAN lain yang dipisahkan oleh lokasi yang cukup jauh.
~ Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN.

C. Tipe Jaringan
~ Client Server
Menghubungkan komputer server dengan beberapa komputer client/workstation. Komputer server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain yang terhubung dalam jaringan. Sedangkan komputer client adalah komputer-komputer yang menggunakan fasilitas yang digunakan oleh komputer server.
Keunggulan Tipe Jaringan Client Server:
1. Terdapat seorang administator yang bertugas mengintrol jaringan, sehingga keamanan data akan lebih terjamin.
2. Komputer server dapat difungsikan sebagai pusat data, komputer client dapat mengakses data yang ada dari komputer client manapun. Apabila terdapat komputer client yang rusak, pengguna masih dapat mengakses data dari komputer client yang lain.
3. Pengaksesan data lebih tinggi karena penyediaan dan pengelolaan fasilitas jaringan dilakukan oleh komputer server. Dan komputer server tidak terbebani dengan tugas lain sebagai workstation.
4. Pada tipe jaringan Client Server system backup data lebih baik, karena backup data dapat dilakukan terpusat di komputer server.

~ Peer to peer
Menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Pertukaran data dapat dilakukan antar komputer yang terhubung tanpa perantara komputer server.
Keunggulan Tipe Jaringan Peer to peer:
1. Semua komputer yang terhubung jaringan memiliki hak yang sama
2. Biaya lebih murah karena tidak memerlukan adanya sebuah komputer server.
3. kelancaran jaringan tidak tergantung pada komputer server.
Kelemahan Tipe Jaringan Peer to Peer:
1. Troubleshooting jaringan lebih rumit karena pada tipe jaringan peer to peer setiap komputer yang terhubung memungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.
2. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing pengguna dengan mengatur keamanan pada fasilitas yang dimiliki.
3. Data tersebar pada masing-masing komputer, maka backup data dilakukan pada masing-masing komputer.







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »